Skor Page Speed yang Rendah dapat mengurangi visitor Anda

Hometips-dan-trik-seoseo-news

Skor Page Speed yang Rendah dapat mengurangi visitor Anda

Jika skor page speed Anda rendah,ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan tanpa harus mendesain ulang situs web Anda.Mungkin Anda telah melakukan sega

Beberapa faktor peringkat pencarian suara
All In One SEO Pack 2018 Blogger
Google Search Console Beta Sudah Dapat Digunakan

Jika skor page speed Anda rendah,ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan tanpa harus mendesain ulang situs web Anda.

Mungkin Anda telah melakukan segalanya dengan benar,dimulai dari menjaga konten anda tetap up to date,backlink Anda,dan meningkatkan jumlah review online Anda. Namun ternyata Anda masih kurang dalam trafik visitor organik. Jika Anda merasa benar seperti dengan yang saya sebutkan di atas,maka cobalah untuk memeriksa kecepatan loading halaman Anda.

Setahun yang lalu, Google meluncurkan pembaruan Google Page Speednya. Jelas dalam pernyataan Google  bahwa pembaruan ini sangat mempengaruhi bagi website yang loadingnya paling lama.

Dalam dunia Mobile-First Index,itu berarti Google memberikan peringkat kepada situs Anda berdasarkan loading dari seluler lambat yang harus Anda atasi. Tapi seberapa lambatkah itu?Kami pun tidak dapat menjawab secara detail tanpa membuat beberapa asumsi,tetapi saya akan membagikan bagaimana kami menentukan apakah skor kecepatan halaman seluler mungkin sangat berpengaruh pada trafik visitor.

Dimulai dari Google Page Speed Insight

Sebenarnya ada lebih dari satu alat untuk menguji kecepatan loading website Anda,tetapi demi kesederhanaan,saya akan fokus disini dengan alat Google PageSpeed Insights.Tools ini dapat menilai situs Anda,karena jika tools ini memberikan skor yang bagus untuk situs Anda maka kemungkinan besar dengan tools lain pun skor Anda juga akan bagus.

Dibawah ini adalah contoh situs yang mengalamai penurunan trafik visitor yang signifikan setelah pembaruan PageSpeed insights Juli 2018. Karena situs dibawah mencetak angkat dalam satu digit,maka bisa dikatakan bahwa skor ini terlalu rendah menurut Google.

Skor Page Speed yang Rendah dapat mengurangi visitor Anda
Skor Page Speed yang Rendah dapat mengurangi visitor Anda

Ini hanyalah salah satu contoh, tetapi setelah meninjau lebih dari 100 situs web dan skor PageSpeed Insights mereka terakir dengan trafik visitor,tidak ada angka yang signifikan.Kami telah melihat skor satu digit namun masih berjalan dengan baik,meskipun itu sebenarnya pengecualian dari Google dan melanggar aturan.
Jika skor Anda sediri dalam satu digit (atau bahkan dibawah 40),anggap itu sebagai tanda bahwa Anda memiliki sebuah pekerjaan baru. Saya juga merekomendasikan untuk melihat skor pesaing Anda untuk membandingkan apakah skor pesaing Anda jauh lebih rendah atau lebih tinggi.

Tips untuk menilai apakah kecepatan situs Anda merupakan salah satu faktornya.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil,apakah kecepatan sebuah situs berdampak pada trafik visitor Anda:

  1. Jalankan PageSpeed Insights di setidaknya 5 situs web pesaing Anda yang peringkatnya di search engine lebih tinggi dari Anda. Catat skor mereka dan jangan lupa untuk selalu mengawasi juga pesaing lainnya yang mungkin belum Anda perhatikan sebelumnya.Saya juga menyarankan untuk menjalankan test ini pada waktu yang berbeda,karena kami telah mencoba dan mendapatkan skor yang berbeda.Terutama pada malam hari maka skor akan lebih tinggi dikarenakan beban server yang lebih rendah (atau bisa dibilang trafik visitor berkurang pada malam hari)
  2. Jalankan situs web pesaing Anda yang sama melalui tools Traffic Estimator seperti SEMrush,Ahrefs, atau Spyfu.
  3. Catat top-level metrics SEO,otoritas domain,jumlah kata di halamannya, dan jumlah link yang masuk ke situsnya melalu Search engine (google).Tidak perlu berlebihan,yang terpenting adalah Top-Level Metrics SEO nya.

Jika Analisa Anda menunjukan skor PageSpeed seluler Anda rendah dibandingkan dengan pesaing Anda,berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan segera tanpa harus mendesain ulang situs web Anda:

  1. Jangan menggunakan Slider. Ini salah satu layout yang paling utama yang membuat loading situs Anda menjadi berat. Anda dapat mengujinya seberapa besar kerugian slider pada situs anda dengan mematikannya dan menjalankan kembali PageSpeed Insights. (Kami telah melihat peningkatan yang derastis hampir dua digit hanya dengan mematikan slider).Cara mengatasinya:pilih satu gambar dan buatlah overlay teks untuk mengganti slider,jika Anda bisa,lakukanlah terlebih dahulu pada situs bayangan (situs demo untuk percobaan) agar tidak mempengaruhi situs Anda yang asli.
  2. Gunakan format gambar yang di rekomendasikan Google seperti, JPEG 2000, JPEG XR, WEbP karena mereka memiliki kualitas dan kompresi yang lebih baik dibandingan dengan format lainnya.(FYI:WebP tidak support oleh Safari untuk saat ini)
  3. Hapus tracking codes yang tidak digunakan.Kami tahu bagaimana para Digital Marketing menggunakan kode tracking code dan jarang menghapusnya.Tracking code cenderung terakumulasi dan pada akhirnya menambahkan beban untuk loading sebuah situs.

Ini adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengeksplorasi efek dari kecepatan halaman situs seluler. Jika Anda melihat penurunan trafik visitor yang stabil, ada baiknya Anda lebih memperhatikannya.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0